Langsung ke konten utama

Untuk yang Belum Tahu Beda Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis atau limau yang memiliki nama lain Citrus aurantifolia sudah populer semenjak dulu sebagai tumbuhan multi khasiat. Tanaman dengan buah yang terasa pahit, asam dan agak dingin ini memiliki beragam kegunaan. Ada lagi Lemon dengan nama latin Citrus limon (L.) Burm.f. yang sekilas hampir mirip dengan jeruk nipis. Kegunaan kedua jenis buah berasa asam ini pun hampir sama, sebagai penyedap dalam masakan dan juga penunjang kesehatan. Sementara beda Jeruk Nipis dan Lemon bisa disimak dari penjelasan berikut ini.

Jeruk merupakan jenis tanaman berbunga sebagai anggota marga Citrus suku Rutaceae atau jeruk-jerukan. Tanamannya berbentuk pohon keras dimana buahnya berdaging berasa masam namun segar kendati tidak sedikit pula jenis-jenis dengan buah berasa manis. Citarasa asam tadi bersumber dari konsentrasi citric acid sebagai kandungan utama di semua buah dari suku jeruk-jerukkan.

Sebagai bagian dari keluarga jeruk baik jeruk nipis maupun lemon memang serupa satu dengan lainnya. Adakalanya beberapa orang dalam membedakan  jeruk nipis dengan lemon mengalami kesulitan. Lalu, apa saja beda jeruk nipis dan lemon yang bisa diketahui oleh orang awam? Penjelasan berikut akan menjawab pertanyaan tadi.

Beda paling kentara dari buah jeruk nipis dan lemon yakni warna kulit buahnya. Untuk buah lemon umumnya berwarna kuning, sedangkan warna kulit buah jeruk nipis umumnya hijau. Kedua jenis jeruk ini berasal dari keluarga Rutaceae namun memiliki genus serta species yang berlainan. Untuk buah Lemon dimasukkan dalam genus dan species jeruk limon sedangkan jeruk nipis dimasukkkan ke genus dan species jeruk aurantifolia. Beda jeruk nipis dan lemon pun bisa dirunut dari asal mulanya. Berdasarkan penjelasan dari laman Encyclopedia.com menerangkan jika jeruk nipis didapat dari kawasan Asia Tenggara meski cukup terkenal di kawasan Eropa dan Amerika. Sedangkan buah Lemon asal-muasalnya diduga dari wilayah di barat laut negara India dan China.

Tanaman Lemon bisa mencapai ketinggian hingga 30 m, berbeda dengan pohon jeruk nipis yang maksimal hanya antara 6,5 hingga 13 m saja dengan batang dilengkapi dengan duri tajam di sana sini. Beda jeruk nipis dan lemon bisa pula diamati dari jenis-jenisnya. Untuk jeruk nipis setidaknya memiliki 7 varietas sedangkan Lemon mempunyai kurang lebih 20 jenis.

Meski sama-sama digunakan sebagai pelengkap masakan dan bahan alami kesehatan namun khasiat keduanya agak berbeda. Manfaat jeruk nipis biasanya karena efek pendinginan sementara buah lemon lebih cenderung karena aromanya yang khas selain sebagai obat alami anti radang dan sebagai obat diuretik. Baik jeruk nipis maupun lemon bisa digunakan sebagai alternatif terbaik bagi mereka yang membutuhkan vitamin C kadar tinggi namun tanpa disertai kandungan tinggi gula.


loading...
Theme Editor by Seo v6