Rabu, 20 Januari 2016

Perbedaan Struktur Daun Monokotil dan Dikotil

loading...
Tanaman dari kelas angiospermae diklasifikasikan dalam dua golongan menurut jumlah keping bijinya yaitu tanaman monokotil dan tanaman dikotil. Selain dilihat dari jumlah keping biji yang dimiliki, tumbuhan monokotil dan dikotil pun bisa diamati dari bentuk bagian tumbuhan tadi yang salah satunya adalah struktur daun. Struktur daun tumbuhan sendiri ditentukan  dari susunan tulang daun. Perbedaan struktur daun monokotil dan dikotil sendiri bisa dijelaskan sebagai berikut.


Organ daun adalah bagian tanaman yang benar-benar penting bagi tumbuhan monokotil dan dikotil. Sebab di dalam daun lah berlangsungnya proses fotosintesis. Perbedaan struktur daun monokotil dan dikotil bisa dilihat dari beberapa hal seperti berikut ini :

- Struktur daun dikotil :

Daun tanaman dikotil memiliki bentuk beraneka macam dengan tangkai daun dan urat daun menjari atau menyirip. Tumbuhan dikotil memiliki daun dengan jaringan epidermis yang tersusun dari selapis sel selain tumbuhan karet yang memiliki lapisan atas dan bawah. Lapisan epidermis ini berguna melindungi lapisan sel sebelah dalam tetap lembab sekaligus juga mempertahankan bentuk daun. Daun tumbuhan dikotil pun memiliki jaringan kutikula yaitu penebalan zat Kutin. Jaringan ini berada di permukaan daun sebelah atas dan bawah. Sementara zat Kutin berperan menghambat terjadinya penguapan air lewat permukaan daun. Kemudian ada juga Stomata di bagian atas dan bawah daun dengan kegunaan menjadi jalan keluar masuknya udara sekaligus menjadi sel penjaga untuk membuka dan menutup. Daun tumbuhan dikotil pun memiliki rambut dan kelenjar dengan fungsi sebagai organ sekresi. Kemudian Mesofil yang berada antara lapisan epidermis atas dan epidermis bawah dengan fungsi menjadi lokasi terjadinya proses fotosintesis. Urat daun yang berada di lembar daun memiliki peran menjadi saluran pengangkutan zat makanan.

- Struktur daun monokotil :

Daun pada tumbuhan Monokotil membentuk serupa pita dengan pangkal daun ditemukan lembaran yang menyelubungi batang. Daun monokotil pun memiliki urat daun sejajar. Daun monokotil pun tersusun dari beberapa lapisan yang memiliki fungsi-fungsi berbeda. Lapisan Epidermis dan lapisan Kutikula berada di permukaan daun sebelah atas dan bawah. Kedua lapisan jaringan tersebut berperan memproteksi lapisan sel sebelah dalam agar tetap lembab dan menangkal terjadinya penguapan air lewat lapisan terluar daun. Daun tumbuhan monokotil juga memiliki Stomata atau mulut daun yang berada berjajar disela-sela urat daun. Stomata ini juga memiliki kegunaan menjadi saluran keluar masuknya udara. Ada lagi lapisan Mesofil yang berada di lekukan disela-sela urat daun dengan fungsi memproduksi zat makanan lewat proses fotosintesis. Sedangkan urat daun yang berada di helai daun bermanfaat sebagai saluran pengangkutan zat makanan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Struktur Daun Monokotil dan Dikotil