Perbedaan Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Setiap tumbuhan dan binatang tak terkecuali manusia memerlukan makanan agar bisa bertahan hidup dan mempunyai sejumlah energi untuk beraktivitas. Matahari merupakan pensuplai kebutuhan energi utama untuk seluruh organisme. Tumbuhan memproduksi mayoritas energi matahari ketika merubahnya menjadi makanan lewat proses fotosintesis. Tumbuhan di sini berperan sebagai produsen. Lalu tumbuhan dikonsumsi kelompok makhluk hidup herbivora  yang selanjutnya herbivora dimangsa kelompok organisme karnivora. Itu merupakan gambara rantai makanan sederhana. Namun di alam ternyata ditemukan berbagai rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain membentuk jaring-jaring makanan.


Lalu apa perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan? Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain dalam suatu jaringan rumit layaknya sebuah jaring laba-laba. Seperti dijelaskan di atas tumbuhan merupakan satu-satunya yang bertindak sebagai produsen pada rantai makanan yang berawal dari matahari, sementara makhluk hidup yang lain bertindak sebagai konsumen. Organisme herbivora merupakan konsumen primer sementara organisme kelompok karnivora dinamakan konsumen sekunder. Berperan pula organisme pengurai diantaranya golongan bakteri dan jamur. Kelompok organisme perngurai ini akan mengolah benda mati menghasilkan gas diantaranya gas CO2 dan N yang kemudian dilepaskan ke atmosfer, dalam tanah dan air. Pengurai ini berperan penting pada rantai makanan sebab kelompok ini selalu mendaur ulang nutrisi yang nantinya bisa dimanfaatkan kembali oleh kelompok tumbuhan sebagai produsen. Sehingga sebetulnya rantai makanan berawal dari kegiatan organisme pengurai ini dengan alur : konsumen pengurai - produsen - konsumen primer - konsumen sekunder.

Akan tetapi mustahil sebuah rantai makanan bisa bersifat tunggal, umumnya di alam akan saling terkait satu dengan yang lain. Misalnya burung elang yang memakan ular, ular tadinya menelan katak, katak sebelumnya melahap belalang dan belalang tadinya menyantap rerumputan. Faktanya burung elang pun boleh juga memangsa katak, tikus, tupai ataupun binatang jenis lain. Itu artinya jenis-jenis binatang tertentu bisa saja sebagai bagian dari berbagai rantai makanan dan tidak hanya satu. Dengan begitu terdapat banyak rantai makanan yang berkorelasi satu dengan yang lain membentuk jaring-jaring makanan.

Perbedaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan secara definisi adalah sebagai berikut :

Rantai Makanan :

Adalah seri makhluk hidup dari ekosistem di mana makanan dan energi yang ada di dalamnya melewati masing-masing anggota. Sebuah rantai makanan terdiri dari produsen (tumbuhan hijau), konsumen (hewan dan manusia) dan pengurai (mikroorganisme). Pada dasarnya ada dua jenis rantai makanan yaitu rantai makanan rumput dan rantai makanan detritus.

Jaring-jaring Makanan :

Dalam sebuah ekosistem rantai makanan tunggal tidak pernah terjadi. Makhluk hidup yang sama dapat beroperasi di lebih dari satu tingkatan tropik. Jadi rantai makanan yang berbeda akan terhubung. Dengan demikian dalam suatu ekosistem beberapa rantai makanan dihubungkan bersama dan saling berpotongan membentuk jaringan kompleks yang dinamakan dengan Jaring Makanan.