Kamis, 28 Januari 2016

Perbedaan RAM dan ROM Komputer Khusus Awam

loading...
Memori merupakan jenis hardware komputer atau ponsel dengan tugas menampung data sebelum atau setelah diolah prosesor. Data tadi bisa berupa berbagai perintah atau bentuk informasi lain. Menjadi lokasi penyimpanan maka sudah barang tentu sekeping memori memiliki beberapa space penyimpanan dengan alamatnya sendiri-sendiri berbentuk angka penunjuk lokasi tertentu. Memori komputer atau smartphone dibagi menjadi dua yaitu RAM (random access memory) dan ROM (read-only memory). Berikut akan dijelaskan perbedaan RAM dan ROM khususnya pada PC.

Perbedaan RAM dan ROM dapat ditinjau dari kegunaannya masing-masing. Sebuah RAM yakni storage yang bertindak sebagai penampung sementara instruksi dan informasi ketika suatu aplikasi dijalankan. Instruksi dan informasi tadi meliputi data yang hendak diambil dari harddisk, informasi yang di-input-kan lewat keyboard atau printer sekaligus data yang diperoleh dari proses suatu program. Ukuran memori dinyatakan dalam satuan byte. Sekarang ini kapasitas RAM komputer paling tinggi yang dijual di pasaran hingga 4 Gigabyte. Daya tampung RAM tentunya akan terus meningkat mengikuti kemajuan teknologi.

Sementara ROM adalah hardware pada komputer atau ponsel yang berfungsi menyimpan instruksi secara permanen. Dari nama yang digunakan maka sebuah perangkat apakah itu komputer atau smartphone cuma bisa membaca data ataupun instruksi yang tertanam dalam ROM ini. Komputer atau smartphone sendiri tak bisa melakukan perubahan data dan instruksi yang tertanam dalam ROM. Sejumlah instruksi yang disimpan di dalamnya sangat penting untuk komputer, contohnya instruksi yang di-eksekusi ketika perangkat dinyalakan pertama kali. Instruksi di dalam ROM dimasukkan oleh produsen komputer ketika tahap manufaktur.

Perbedaan RAM dan ROM pun bisa dilihat dari tipe-tipe keduanya. Untuk RAM sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu :

- DRAM (Dynamic Random Access Memory) yaitu tipe RAM yang bekerja pada frekuensi 4 MHz hingga 40 MHz yang mempunyai transistor tunggal.
- SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) yaitu tipe RAM sebagai peningkatan DRAM dengan kecepatan sampai 100 MHz.
- RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) yaitu tipe DRAM yang dibuat oleh perusahaan Rambus yang mampu menembus kecepatan sampai 800 MHz berupa rate inline memory modul.

Sementara memori ROM ada 3 tipe yaitu :

- PROM (Programmable Read-Only Memory) adalah chip memory yang cuma bisa diisi data sekali saja. Satu kali data di-input-kan ke PROM maka data itu selamanya ada di dalamnya. Lain halnya dengan RAM, untuk PROM ini data tetap tersimpan meskipun komputer di-off-kan.
- EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) yakni tipe PROM yang bisa dihapus menggunakan sinar UV. Sesudah kosong maka EPROM bisa dilakukan pemrograman kembali.
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) hampir menyerupai EPROM namun untuk menghapus program di dalamnya dibutuhkan arus listrik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan RAM dan ROM Komputer Khusus Awam