Senin, 04 September 2017

Perbedaan Quad Core dengan Octa Core, Faktanya Lebih Cepat Mana?

Teknologi smartphone Android melaju dengan sangat cepatnya. Dari pertama kali diperkenalkan hanya dengan prosesor single core lalu dual core, quad core dan kini octa core. Pada tahun 2014 sebagian besar smartphone Android mengandalkan dapur pacu dari kemampuan prosesor quad core.Setahun kemudian semua orang pindah ke prosesor octa core apakah itu Samsung Galaxy S6, Nexus 6P atau OnePlus 2. Perbedaan quad core dengan octa core secara umum adalah chip octa core memiliki dua kali lipat jumlah core prosesor chip quad core. Secara logika tentu kecepatan octa core akan lebih kencang dari quad core.

Namun ternyata tak sesederhana itu sebab bukan hanya tentang membandingkan tentang angka di sini.Dan ini lah mengapa beberapa penjelasan tentang perbedaan octa core dan quad core dibutuhkan. Istilah octa core dan quad core menunjukkan jumlah core prosesor dalam CPU. Octa berarti delapan, quad berarti empat itu cukup jelas. Namun perbedaan utama quad core dengan octa core setidaknya ketika berbicara tentang chip mobile adalah bagaimana arsitektur dari core prosesor tersebut diset.

Dalam kasus chip quad core, masing-masing inti diset bekerja secara simultan pada tugas yang diberikan, memungkinkan komputasi yang cepat baik untuk multitasking, 3D gameplay yang smooth dan kinerja kamera yang super cepat. Chip octa core sementara ini hanya memiliki dua set prosesor quad core, yang memisahkan berbagai tugas di antara keduanya sesuai dengan jenisnya. Istilah yang lebih akurat untuk octa core mungkin "dual quad-core" tapi itu terdengar membingungkan dan tak menjual sehingga digunakan lah kata octa core itu.

Lalu apa gunanya memiliki dua set prosesor quad core yang akan membagi tugas satu sama lain? Itu semua tentang efisiensi energi sebab semakin cepat sebuah CPU maka makin besar ia akan menarik daya dari baterai. Kenyataan tersebut akan menimbulkan masalah mengingat bahwa teknologi baterai smartphone belum maju. Apakah memang smartphone octa core benar-benar diperlukan? Jika anda seringnya menggunakan perangkat anda hanya untuk sebagian besar tugas rutin smartphone seperti menavigasi melalui layar, memeriksa pesan ataupun browsing web maka octa core tak begitu diperlukan. Namun jika smartphone digunakan untuk memutar video HD, game dan manipulasi foto tentu octa core akan sangat powerful.

Jadi, apa perbedaan octa core dengan quad core di smartphone? Sangat sedikit ternyata. Istilah octa core sedikit menyesatkan, karena itu tidak berarti dua kali lipat dari kinerja quad core. Faktanya hanya merupakan dua operasi quad core independen yang dirancang bersama-sama pada satu chip untuk tujuan efisiensi energi yang lebih besar. Prosesor octa core tak selalu lebih unggul dari quad core. Apple berhasil mendapatkan efisiensi energi yang layak dan kinerja yang bagus meski hanya mengandalkan prosesor dual core.