Perbedaan Musik Tradisional dan Modern atau Populer

Musik merupakan bunyi yang dirangkai sedemikian rupa yang mampu menghasilkan irama, intonasi dan keharmonisan utamanya bunyi yang keluar dari berbagai alat musik. Musik sendiri telah dikenal semenjak sekitar 180 ribu tahun silam berupa bunyi yang dihasilkan oleh alat musik dari tulang kering binatang buruan yang ditiup. Lazimnya, fungsi musik bagi manusia adalah sebagai sarana hiburan. Selain itu ada beberapa fungsi lain diantaranya menjadi media upacara ritual, sarana mengekspresikan diri, sarana berkomunikasi, mengiringi sebuah tarian dan juga sebagai sarana memperoleh keuntungan ekonomi.


Musik di Indonesia sendiri dibagi dalam dua kelompok besar yaitu musik tradisional dan musik modern atau populer. Ada beberapa perbedaan musik tradisional dan modern khususnya yang berkembang di Indonesia. Musik tradisional sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, yang terkenal beberapa diantaranya adalah : gamelan, sasando, angklung, gambang kromong, marawis dan keroncong. Sedangkan musik modern atau populer adalah jenis musik yang digemari kebanyakan masyarakat Indonesia karena enak didengarkan oleh telinga. Musik modern atau populer biasanya berlaku juga secara internasional artinya apa yang sedang disukai masyarakat Indonesia boleh jadi disukai juga oleh kebanyakan orang di seluruh dunia.

Penjelasan musik tradisional Indonesia :

Jenis musik yang tercipta dan berkembang di sejumlah daerah di Indonesia. Tipikal dari jenis musik ini adalah materi lagu dan instrumen alat musik yang digunakan. Syair  dan melodi musik tradisional memakai dialek dan gaya lokal. Indonesia sendiri merupakan bangsa dengan belasan ribu pulau dengan bermacam suku bangsa yang mempunyai seni tradisi sebagai identitas, kepribadian serta sarana berekspresi masyarakat setempat. Kebanyakan daerah di tanah air memiliki jenis musik tradisional khas. Kekhasannya dapat diperhatikan mulai cara memainkan, penyajian hingga bentuk instrumen musik yang digunakan. Musik tradisional diwariskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi penerusnya dengan ciri khas diantaranya adalah : dipelajari dengan lisan, tak mempunyai partitur notasi tertentu, bersifat informal, pemainnya bukan spesialis, syair lagu berbahasa daerah setempat dan merupakan bagian dari budaya masyarakat.

Penjelasan musik modern :

Musik modern tak tercipta hasil tradisi masyarakat tertentu. Namun jenis musik yang satu ini diciptakan menurut pakem komposisi yang jelas misalnya notasi, tangga nada, tekstur, dan istrumen yang sudah diketahui bersama serta juga gampang dikuasai. Musik modern pun memiliki ciri terbuka maksudnya komposisi dan gaya musiknya terpengaruh dari sejumlah pengalaman bermusik musisi untuk kurun waktu tertentu. Melakukan kritik komposisi musik modern adalah hal yang lumrah ditemukan. Wajar bila sebuah komposisi musik modern tertentu akhirnya hilang atau dilupakan masyarakat untuk kemudian diganti gaya musik lainnya. Musik Modern bisa diklasifikasikan menurut aliran, proses penciptaan dan  sumber bunyi. Jenis-jenis musik modern antara lain : Jazz, Rhythm and Blues ( R & B ), Pop, Rock, Country dan sebagainya.