Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel

Sel membelah dan bereproduksi menggunakan dua cara yaitu mitosis dan meiosis. Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang identik secara genetik yang berasal dari sel orang tua tunggal. Meiosis adalah pembelahan sel germinal yang melibatkan dua inti dan menghasilkan empat gamet atau sel kelamin dimana masing-masing memiliki setengah jumlah kromosom sel asli. Mitosis dilakukan oleh organisme bersel untuk mereproduksi diri dan juga untuk pertumbuhan jaringan, serat dan membran. Meiosis ditemukan dalam reproduksi seksual organisme. Sel telur dan sperma adalah hasil akhir dari Meiosis, lalu keduanya melebur untuk menghasilkan keturunan genetik yang berbeda.

Berikut perbedaan Mitosis dan Meiosis dalam bentuk tabel :


Meiosis
Mitosis
Definisi
jenis reproduksi sel di mana jumlah kromosom dikurangi setengahnya melalui pemisahan kromosom homolog, menghasilkan dua sel haploid.
Sebuah proses reproduksi aseksual di mana sel membelah menjadi dua sel identik dengan jumlah kromosom yang sama dalam setiap sel diploid yang dihasilkan.

Jenis Reproduksi
seksual
aseksual
Terjadi pada
Manusia, hewan, tumbuhan, jamur.
Semua organisme
Crossing
Ya, pencampuran kromosom dapat terjadi.
Tidak dapat terjadi pertukaran sel
Pasangan Homolog
ya
tidak
Fungsi
Keanekaragaman genetik melalui reproduksi seksual.
Reproduksi sel dan pertumbuhan serta perbaikan tubuh.

Jumlah pembelahan
2
1
Jumlah sel anak diproduksi
4 sel haploid
2 sel diploid
Jumlah Kromosom
Berkurang hingga setengahnya
Jumlahnya tetap sama
Proses
(Meiosis 1) Profase I, Metafase I, Anafase I, Telofase I; (Meiosis 2) Profase II, Metafase II, Anafase II dan Telofase II
Profase, Metafase, Anafase, Telofase.

Kariokinesis
Terjadi di Interphasa I
Terjadi di Interphasa

Sitokinesis
Terjadi di Telofase I dan II
Terjadi di Telofase
Pemisahan Sentromer
sentromer tidak terpisah selama anafase I, tetapi selama anafase II.
Sentromer membagi selama anafase.
Membuat sel kelamin
sel telur wanita atau sel sperma laki-laki
Membuat segala sesuatu selain sel seks

Ditemukan oleh
Oscar Hertwig
Walther Flemming

Proses Mitosis dan Meiosis yang dipelajari oleh para ilmuwan umumnya dengan menggunakan mikroskop untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan pola kromosom dan hubungan dalam struktur sel. Pemahaman tentang sel dengan cara mensintesis kromosom untuk reproduksi dapat diterapkan dalam bidang biomekanik dan nanoteknologi. Transplantasi gen dan kromosom melalui injeksi dan implantasi digunakan untuk bereksperimen dengan bioteknologi dan kloning. Pemahaman mengenai proses dimana sel-sel mereplikasi diharapkan akan berguna di dunia medis salah satunya untuk penemuan obat.