Jumat, 29 Januari 2016

Perbedaan Jaringan Kolenkim dan Sklerenkim pada Tumbuhan

Agar bisa tegak berdiri tumbuhan membutuhkan jaringan penguat atau penunjang yang dinamakan dengan jaringan mekanik. Jaringan penguat ini kebanyakan tersusun atas sel-sel yang memiliki dinding tebal dengan kandungan lignin dan berbagai zat yang lain. Berbagai zat tadi akan memberikan struktur keras ke dinding sel. Jaringan penguat tumbuhan dibedakan menjadi jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim. Perbedaan jaringan kolenkim dan sklerenkim bisa disimak dari uraian berikut :


Jaringan Kolenkim :

Yaitu jaringan homogen yang terbentuk dari sel-sel kolenkim. Peran dari jaringan kolenkim ini yakni menjadi penguat berbagai bagian tumbuhan yang masih aktif tumbuh dan berkembang. Jaringan ini terdapat di beberapa tempat seperti : bawah epidermis batang, tangkai bunga, ibu tulang daun dan  tangkai daun. Jaringan kolenkim memiliki ciri-ciri : memanjang sejajar; dinding sel tersusun dari senyawa selulosa, pektin, dan hemiselulosa ; kadang-kadang ditemukan kloroplas untuk fungsi fotosintesis, menebal pada dinding sel. Menurut letak dan bentuk penebalannya jaringan kolenkim dibagi :

- Jaringan Kolenkim Angular
Memiliki ciri menebal di bagian sudut-sudutnya misalnya daun seledri yang mempunyai tekstur bergelombang.
- Jaringan Kolenkim Lamellar atau Tangensial.
Menebal di dinding sel yang sejajar dengan permukaan struktur dimana ditemukan.
- Jaringan Kolenkim Annular
Misalnya terdapat di daun wortel dimana memiliki dinding sel merata dan menebal untuk dukungan struktur ke segala arah.
- Jaringan Kolenkim Lacunate atau Lakunar
Menebal di permukaan ruang antar sel layaknya perancah pada bangunan untuk menguatkan.

Jaringan Sklerenkim :
Jaringan penguat yang cuma ditemukan di jaringan tumbuhan yang sudah tak lagi tumbuh dan berkembang. Jaringan sklerenkim tersusun dari kumpulan sel mati dengan dinding sel begitu tebal dan kuat sebab memiliki kandungan lignin (zat kayu). Tugas utama jaringan ini yaitu memperkuat bagian tumbuhan dewasa serta melindungi organ-organ lunak di sebelah dalam contohnya jaringan penyusun kulit biji jarak, jaringan penyusun tempurung kelapa, dan jaringan penyusun kulit buah kenari. Menurut bentuknya, jaringan sklerenkim ada dua jenis yakni yang menyerupai benang panjang dan sklereid.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan jaringan kolenkim dan sklerenkim yaitu :

- Jaringan kolenkim berperan melindungi bagian muda sementara jaringan sklerenkim melindungi bagian tumbuhan dewasa.
   
- Sel-sel penyusun jaringan kolenkim bentuknya memanjang dengan sel primer berdinding tebal sementara sel penyusun jaringan sklerenkim berdinding sel tebal, kaya kandungan lignin dengan protoplasma sudah mati.
   
- Jaringan Kolenkim terletak disisi luar sementara jaringan sklerenkim setelah epidermis.
   
- Jaringan kolenkim memiliki karakteristik primer dan hidup sementara jaringan sklerenkim memiliki sifat primer, dewasa dan mati.
   
- Jaringan kolenkim berguna menjadi penguat bagian tumbuhan yang masih berkembang atau masih muda. Sedangkan jaringan sklerenkim memiliki fungsi melindungi bagian tumbuhan baik yang muda ataupun yang sudah tua.

Perbedaan Jaringan Kolenkim dan Sklerenkim pada Tumbuhan Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum