Jumat, 08 September 2017

Mengenal Perbedaan Grafis Bitmap dan Vektor dalam Desain Grafis

Desain grafis merupakan cara berkomunikasi visual memanfaatkan teks atau gambar dalam upaya menyampaikan sebuah informasi. Dalam bidang ini dibutuhkan keterampilan kognitif dan juga pengolahan gambar, tipografi sekaligus juga layout halaman. Seorang desainer grafis akan mengatur tampilan huruf dan komposisi ruang sehingga bisa menghasilkan suatu tampilan yang komunikatif sekaligus enak dipandang. Dalam bidang seni grafika sendiri ada beberapa istilah penting yang salah satunya adalah jenis gambar grafis Vektor dan grafis Bitmap.

Kedua jenis gambar grafis tersebut akan sering digunakan dalam menciptakan sebuah desain. Lalu apa saja perbedaan grafis Bitmap dan Vektor ini? Secara umum perbedaannya bisa disimak dari penjelasan berikut ini :

Grafis Vektor :
Adalah gambar yang dihasilkan dari garis dan kurva dan bukan disusun atas titik-titik (dot). Oleh karenanya jika gambar Vektor ini diperbesar maka detail tak akan menurun dan kualitas tetap terjaga. Gambar grafis Vektor ini misalnya yaitu gambar logo dan teks. Software yang populer untuk membuat gambar Vektor yakni CorelDRAW dan Freehand. Monitor komputer umumnya menampilkan gambar berbentuk pixels sehingga setiap gambar apakah itu Vector atau Bitmap tetap disajikan berbentuk pixels. Gambar grafis Vektor sebagai penggabungan koordinat-koordinat titik memiliki perhitungan matematis diantaranya arah, sudut, tebal, warna dan lainnya. Gambar grafis Vektor biasanya memiliki format SVG, EPS, dan CDR.

Grafis Bitmap :
Dinamakan juga gambar Raster sebab disajikan dari kumpulan titik-titik atau pixels. Tiap-tiap pixels tersebut memiliki letak dan warnanya masing-masing yang kemudian membentuk gambar ketika diperbesar. Halus tidaknya gambar Bitmap tergantung dari resolusi dan jumlah piksel penyusunnya.
Jika gambar Bitmap diperbesar hingga persentase tertentu maka akan muncul kotak-kotak sebagai pixels yang diperbesar. Ini merupakan kelemahan dari gambar dengan format Bitmap. Gambar grafis Bitmap ini misalnya adalah foto, gambar yang dihasilkan mesin scanner dan gambar yang dibuat dengan perangkat lunak Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT dan sejenisnya. Gambar dengan format Bitmap biasanya memiliki ukuran file yang lebih besar dibanding gambar Vektor.

Beberapa perbedaan grafis Bitmap dan Vektor adalah sebagai berikut :

Gambar format Vektor ciri-cirinya :

- Tampilan tetap halus saat diperbesar.
- Terbentuk dari kumpulan garis dan kurva, Path tersusun dari garis (line segment) dan sejumlah titik (node) atau anchor point.
- Tingkat gradasi warna mesti diperhatikan dengan baik untuk menampilkan gambar yang bagus.
- Mutu gambar tak ditentukan oleh banyak sedikitnya pixels.
- Dibuat dari gambar geometris menurut perhitungan matematika.
- Bersifat resolution independent.
- Ukuran file cukup kecil.
- Menggunakan software pengolah seperti : Adobe ilustrator, Coreldraw dan Macromedia Freehand
- Bagus untuk pekerjaan membuat layout halaman untuk publishing, kreasi font maupun membuat ilustrasi.

Gambar format Bitmap ciri-cirinya :

- Gambar pecah saat diperbesar hingga ukuran tertentu.
- Tersusun dari titik-titik atau pixels yang tersebar membentuk pola grid.
- Memiliki tingkat gradasi warna yang lebih realistis.
- Gambar bisa disimpan dengan berbagai format meliputi JPEG, GIF, BMP, TIFF serta PNG.
- Ukuran file cukup besar.
- Tersusun dari kumpulan pixels.
- Bagus tidaknya gambar sangat ditentukan oleh banyak sedikitnya piksel penyusun.
- Resolution dependent