Kamis, 07 September 2017

Ketahui Perbedaan Xiaomi Yi dan GoPro Hero

Tidak sedikit calon pembeli perangkat action kamera yang bingung menentukan pilihan antara Xiaomi Yi dengan GoPro Hero. Tren foto selfie yang kian marak akhir-akhir ini menjadikan sebagian orang pun ingin merekam setiap momen yang dilakukannya seperti ketika naik gunung, berenang di pantai bersepeda ataupun berbagai aktifitas ekstrim yang lain. Merespon kebutuhan itu maka sejumlah produsen merilis action kamera yang handal digunakan ber-swafoto ketika melakukan aktifitas penuh tantangan. Sebelum menentukan pilihan, konsumen perlu tahu perbedaan Xiaomi Yi dan GoPro Hero.

Sampai saat ini merek GoPro tetap menjadi merek perangkat kamera aksi terpopuler sebab hasil kamera yang cukup bagus. Akan tetapi vendor dari Amerika tersebut sepertinya harus bersiap membuat terobosan terbaru sebab debutan baru dari negeri Tiongkok, Xiaomi pun mencoba peruntungannya dengan menghadirkan action camera yang memiliki fitur setara namun harganya lebih ekonomis. Lantas lebih bagus Xiaomi Yi atau GoPro Hero? Penjelasan mengenai perbedaan Xiaomi Yi dan GoPro berikut ini bisa dijadikan petunjuk menentukan pilihan yang pas.

- Fitur Kamera
Untuk merek Xiaomi Yi disematkan kamera yang memiliki resolusi 16 MP sementara kamera aksi merek GoPro Hero hanya bersensor 5 MP. Adapun untuk fitur video, Xiaomi Yi membawa kemampuan merekam dengan hasil Full HD (1080p) pada kecepatan 60fps. GoPro Hero pun mampu menghasilkan mutu video Full HD namun dengan kecepatan 30 fps. Untuk Xiaomi Yi mengandalkan sensor kamera seri Sony Exmor R CMOS. Tampilan kamera aksi Xiaomi Yi ini sangat minimalis tanpa layar LCD sehingga saat digunakan untuk pemotretan, pengguna mungkin akan kerepotan memilih mode yang digunakan.

- Kelengkapan Box
Kamera aksi Xioami Yi sayangnya tak disertakan mounting, case waterproof dan kepala charger. Saat pembelian hanya disertakan baterai, kabel, dan buku petunjuk penggunaan yang sayangnya lagi tercetak dalam bahasa China. Untuk GoPro Hero sudah dibekali case waterproof dengan kedalaman hingga 40 meter.

- Model
Kedua merek kamera aksi mempunyai dimensi dan model yang relatif serupa. Akan tetapi untuk Xiaomi Yi tak dilengkapi display kamera seperti pada GoPro.

- Kapasitas baterai
Kapasitas baterai yang dimiliki oleh GoPro sedikit lebih besar dbanding baterai yang dibawa Xiaomi Yi. Baterai GoPro memiliki daya sebesar 1.180 mAh non-replaceable sementara untuk baterai Xiaomi Yi diberikan baterai replacable dengan daya 1.010 mAh.

- Time Lapse
Adalah fitur pengambilan gambar otomatis dengan interval waktu tertentu. Untuk Xiaomi Yi memiliki time lapse cukup lengkap mulai dari interval 0.5, 1, 2, 5, 10, 30, 60. Sementara untuk GoPro hanya memiliki time lapse 0.5 saja.

- Wifi
Perbedaan Xiaomi Yi dan GoPro pun bisa dilihat dari kelengkapan fitur yang satu ini. Kamera aksi Xiaomi Yi sudah dilengkapi konektifitas Wifi sementara untuk GoPro masih belum tersedia fasilitas ini.