Kenali Perbedaan Mesin Avanza dan Xenia

Menjadi alat transportasi favorit keluarga di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia selalu dijumpai di jalanan mana saja. Kendaraan jenis minibus ini cukup nyaman dikendarai bersama seluruh anggota keluarga dan juga harganya yang cukup terjangkau bagi segmen menengah bawah. Akan tetapi masih banyak calon pembeli yang bingung untuk memilih antara Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia terutama untuk keunggulan mesinnya. Berikut akan dipaparkan perbedaan mesin Avanza dan Xenia terutama pada tipe terbaru yaitu Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia.


Sebagaimana iklan-iklan yang muncul di berbagai media, Toyota mengeluarkan produk Grand New Avanza terdiri dari 2 pilihan mesin terbaru. Pertama yaitu tipe 1NR-VE dengan kubikasi 1300 cc 4 silinder Dual VVT-i yang mampu menyemburkan power 96 hp serta torsi 120 Nm. Tipe mesin Grand New Avanz kedua yaitu tipe 2NR-VE dengan kubikasi 1500 cc 4-silinder Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 104 hp serta torsi 140 Nm. Sementara untuk Great New Xenia varian paling murah, pabrikan Daihatsu tetap mengandalkan pada mesin EJ-VE berkubikasi 1.000 cc 3-silinder VVT-i yang mampu memberikan power 63 hp serta torsi 93 Nm. Untuk Great New Xenia tipe X dan R dijejalkan mesin terbaru tipe 1NR-VE 1300 cc yang sama dengan mesin yang dimiliki Grand New Avanza 1.3.

Perbedaan Grand New Avanza dan Great New Xenia tak hanya di sektor penyembur tenaga saja namun di beberapa bagian lain. Toyota Grand New Avanza misalnya sudah menerapkan mekanisme rem ABS dan EBD di semua variannya. Hal ini pasti untuk makin meningkatkan keamanan saat berkendara. Sementara untuk Daihatsu Great New Xenia belum ditambahkan sistem penghenti laju ABS dan EBD. Akan tetapi untuk bagian lainnya misalnya fitur dual airbag, window jam protection dan side impact beam tetap tersedia di Xenia terbaru ini. Termasuk inovasi Toyota Grand New Avanza lainnya yaitu aplikasi headrest ekstra yang terpasang untuk kursi baris kedua. Bangku baris kedua ini lazimnya diduduki anak-anak dengan begitu memang perlu ditambahkan fitur headrest serta sabuk pengaman. Sayang untuk Great New Xenia tanpa penambahan headrest dan sabuk pengaman sehingga konfigurasi jok tetap sama dengan seri terdahulu.

Bila Grand New Avanza terlihat polos minus paket eksterior maka untuk Great New Xenia ditawarkan beberapa pilihan paket yaitu Sporty dan Deluxe. Untuk paket Sporty pembeli akan mendapatkan bodykit gaya crossover misalnya handle chrome dan fender ornament. Sedangkan paket Deluxe bisa dijumpai pada tipe M dan X yaitu disediakan aksesori bodykit komplit mulai bemper depan dan belakang, side skirt, grille chrome, chrome window, reflector horisontal, garnish chrome plate serta spoiler. Perbedaan Avanza dan Xenia terbaru pun pada banderol harganya. Daihatsu Great New Xenia ditawarkan dari kisaran Rp.150,3 juta sampai Rp.204,35 juta. Sementara Toyota Grand New Avanza mulai Rp.178,1 juta sampai Rp.211 juta.