Berikut Penjelasan Mudah Beda Kanker dan Tumor

Tumor dan kanker adalah dua kata yang ditakuti oleh banyak orangdan mereka mungkin tidak ingin mendengarnya. Beberapa orang panik jika mereka tahu bahwa mereka memiliki tumor. Mereka berpikir bahwa mereka sudah menderita kanker yang ditakuti. Sebagian lain gagal mendapatkan pengobatan yang tepat sebab berpikir bahwa benjolan yang ada di tubuh mereka bukan lah sebuah kanker. Tumor dan kanker itu berbeda. Beda kanker dan tumor bisa dijelaskan sebagai berikut.


Sebuah tumor berkembang ketika lesi atau benjolan terbentuk dalam tubuh karena pertumbuhan sel abnormal. Dalam kasus kanker, pertumbuhan sel ini tak terkendali dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Baik kanker maupun tumor dapat dideteksi dengan MRI scan. Penting untuk dimengerti  bahwa tidak semua tumor adalah kanker. Ada tumor jinak di mana pertumbuhan terbatas pada bagian tertentu dari tubuh. Sebuah tumor menjadi kanker ketika berubah menjadi ganas. Itu berarti bahwa pertumbuhan primer dapat menghasilkan beberapa pertumbuhan sekunder sehingga menyerang bagian vital tubuh manusua dan menyebar ke mana-mana.

Sama seperti fakta bahwa tak semua tumor bersifat kanker, maka tak semua kasus kanker juga diawali dengan pertumbuhan tumor. Misalnya, dalam kasus kanker darah, tidak ada tumor yang terlibat. Namun jika terjadi tumor di tubuh dengan tanda adanya benjolan maka biopsi menjadi sangat penting untuk menentukan apakah pertumbuhannya ganas atau jinak. Sebuah tumor mungkin berkembang menjadi kanker atau tidak sama sekali. Sementara kanker di sisi lain adalah kondisi ganas dimana penyebaran pertumbuhan sel yang abnormal bisa menjadi tak terkendali.

Ada beberapa jenis utama dari kanker. Karsinoma adalah kanker yang berawal di kulit atau pada jaringan yang melapisi atau menutupi organ internal. Sarkoma adalah kanker yang diawali di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan ikat atau pendukung lainnya.  Sel-sel abnormal dari kanker yang membelah diri tanpa kontrol bisa menyerang jaringan di dekatnya. sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe.

Pengobatan dan perawatan untuk tumor dan kanker bisa saja berbeda. Tidak semua tumor mengancam jiwa. Bahkan jika tumor jinak, dokter mungkin merekomendasikan untuk dilakukan pengangkatan. Tergantung pada lokasi dan ukuran tumor, operasi pengangkatan dapat menjadi relatif mudah atau mungkin membutuhkan waktu bulanan untuk menyembuhkan pasien. Pilihan pengobatan untuk kanker termasuk operasi pengangkatan jaringan kanker, kemoterapi yaitu menggunakan bahan kimia kuat untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang pesat, dan terapi radiasi yaitu menggunakan radiasi energi tinggi untuk mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker dengan cara merusak DNA mereka. Terapi gen juga sedang diteliti yang melibatkan penggunaan DNA sebagai agen obat untuk menyembuhkan penyakit.