Kamis, 07 September 2017

Apa Saja Perbedaan iPhone 6 dan 6s

Tiap kesempatan merilis perangkat terbaru pabrikan Apple pasti menarik atensi para penggila gadget. Lebih-lebih jika yang di-launching berupa perangkat iPhone, tanggapannya seolah-olah seluruh dunia bergetar. Demikian juga ketika vendor ponsel yang bermarkas di Cupertino California ini secara resmi menghadirkan iPhone 6s dan iPhone 6s+. Lalu apa saja perbedaan iphone 6 dan 6s terbaru ini?


1. Unit yang lebih solid
Pabrikan kelas dunia yang satu ini tak ingin mengulang kesalahan yang pernah dilakukan yaitu insiden bendgate atau iPhone yang melengkung. Karenanya Apple saat ini memanfaatkan bahan aluminium 7000 untuk memproduksi iPhone 6s. Jenis bahan tadi terbukti lebih kuat ketimbang bahan aluminium kebanyakan. Akan tetapi ini berimbas pada tebal unit iPhone 6s yang kini menjadi 7,1 mm dari 6,9 mm pada iPhone 6 biasa.

2. Opsi warna yang makin beragam
Yang lalu Apple menyediakan perangkat iPhone 6 dengan 3 opsi warna meliputi perak, space grey, dan emas. Sementara pada produk iPhone 6s pihak vendor menyediakan satu pilihan kelir lain ialah rose gold sebagai kombinasi antara merah dan emas. Opsi warna terbaru ini boleh jadi lebih cenderung disukai kalangan konsumen perempuan.

3. Fungsi 3D Touch
Termasuk perbedaan iPhone 6 dan 6s paling utama adalah keberadaan fitur ini. Fasilitas yang satu ini sangat diandalkan Apple serta sebagai pembeda paling menonjol. Teknologi 3D Touch semula diaplikasikan ke perangkat Apple Watch. Dengan fungsi yang satu ini maka layar iPhone 6s bisa merespon sentuhan ujung jari bahkan pada tingkatan tekanan berbeda-beda. Pengguna boleh menyentuh lembut, menekannya pelan atau memberikan tekanan agak kuat ke layar untuk mengaktifkan fungsi berbeda. Adanya fungsi canggih ini akan membuat pengguna merasa lebih efisien saat mengoperasikannya.

4. Resolusi kamera yang meningkat
Semenjak zaman iPhone 4 pihak Apple masih setia memakai kamera dengan kekuatan lensa 8 MP yang juga dibenamkan ke iPhone 6. Kendati memiliki resolusi sama namun tetap ada perbaikan mutu gambar yang dihasilkan. Kebiasaan tadi berakhir sebab Apple sudah bulat untuk memanfaatkan kamera dengan resolusi melonjak hingga 12 MP untuk iPhone 6s. Kamera selfie pun ikut diperbaiki dan kini jadi 5 MP. Tidak cuma kamera, pembaharuan pun terlihat dari kehandalan merekam video yang untuk iPhone 6s ini bisa menghasilkan video 4K pada kecepatan 30fps. Kelebihan merekam video tersebut disebut-sebut dapat digunakan untuk kebutuhan profesional diantaranya untuk shooting videoclip dan bahkan membuat film.

5. Dapur pacu terbaru
Meski iPhone 6 memiliki otak pemrosesan yang lumayan gegas, A8 dengan kecepatan Dualcore namun itu belum memuaskan pihak Apple. Untuk iPhone 6s ini langsung ditingkatkan dengan penggunaan processor Apple A9. A9 ini diklaim memiliki kecepatan hingga 70 % lebih kencang ketimbang A8. Kinerja dapur pacu Apple A9 pun dinyatakan dapat disetarakan dengan processor untuk PC.