Apa Perbedaan Xilem dan Floem? Ini Penjelasannya

Xilem dan floem adalah dua jenis jaringan vaskuler yang ada pada tanaman. Keduanya bertanggung jawab untuk mengangkut air, mineral, makanan dan bahan organik lainnya antar akar, batang dan daun tanaman. Xilem dan floem bekerja sama satu sama lain, yang berarti keduanya bertanggung jawab atas pengangkutan yang efisien dari makanan, nutrisi, mineral, dan air untuk kelangsungan hidup tanaman. Lalu apa perbedaan xilem dan floem ini?


Xilem adalah jenis jaringan transportasi pada tanaman vaskular yang bertanggung jawab untuk mengangkut air dan nutrisi tertentu dari akar ke seluruh tanaman. Dengan demikian pada dasarnya mengalir ke satu arah saja yaitu, dari bawah menuju ke bagian atas tanaman hingga pucuk daun. Fungsi utamanya adalah untuk secara efektif mengangkut air dan nutrisi dari tanah ke berbagai bagian tanaman. Kata 'xilem' berasal dari bahasa Yunani yaitu 'xylon' yang berarti kayu. Hal ini karena kayu adalah penyusun jaringan xilem paling utama yang ditemukan di seluruh tanaman. Xilem merupakan campuran antara jaringan mati dan hidup dan tersusun dari tracheids, vessel, xilem parenkim, serat xilem dan parenkim. Sel xilem memiliki dinding sel yang keras berlapis-lapis terutama ditemukan di tengah batang. Oleh karena itu xilem pun memiliki fungsi lain yaitu untuk memberikan dukungan mekanik bagi tanaman.

Xilem dikelilingi oleh floem. Floem adalah jenis lain jaringan transportasi pada tanaman vaskular yang memiliki fungsi utama membawa bahan organik terlarut yaitu makanan yang diproduksi di daun dengan proses fotosintesis ke bagian lain dari tanaman. Proses ini disebut juga dengan translokasi. Pengangkutan oleh floem dilakukan baik atas ataupun ke bawah batang, tidak seperti xilem yang hanya mengangkut menuju atas. Kata 'floem' berasal dari kata Yunani 'phloos', yang berarti kulit kayu. Floem adalah lapisan terdalam dari kulit kayu di sebagian tanaman. Floem tersusun dari pembuluh tapis, parenkim, dan serabut floem. Selnya berbentuk tabung dengan sisi ujung berlubang. Floem terdiri dari sel hidup dan mati, dimana floem luar terdiri dari sel-sel mati dan floem dalam tersusun dari sel-sel hidup.

Poin-poin perbedaan xilem dan floem adalah :

Fungsi floem : Transportasi makanan dan nutrisi seperti gula dan asam amino dari daun ke bagian penyimpanan dan bagian lain tanaman. Fungsi lain adalah sebagai jaringan mekanik bagi tanaman.
Fungsi xilem : Transportasi Air dan mineral dari akar ke bagian atas tanaman.

Gerakan floem : ke atas dan ke bawah batang (Bidirectional).
Gerakan xilem : satu arah ke atas (Unidirectional).

Sifat jaringan floem : jaringan hidup dengan sedikit sitoplasma tetapi tidak ada nukleus / tonoplast.
Sifat jaringan xilem : jaringan mati yang pada tumbuhan tua bisa menjadi penyusun utamanya.

Bentuk floem : tak berbentuk bintang.
Bentuk xilem : berbentuk bintang.

Letak floem : di bagian sebelah dalam tanaman.
Letak xilem : di bagian sebelah luar tanaman.